Berkeliling Desa Wisata Pentingsari

Wednesday, July 2, 2008





Keberadaan desa wisata, makin ke sini makin diunggulkan untuk mengangkat potensi pariwisata Jogja. Terutama di wilayah Sleman. Warga bahu-membahu dengan pemerintah untuk menyukseskan program ini.

Dari banyaknya desa wisata yang bertebaran di kawasan Sleman, salah satunya adalah Dusun Pentingsari, yang masih bisa dibilang muda namun berhasil melengkapi sarana dan prasarananya dengan cepat.

Terletak di Kelurahan Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, warga dan pengelola dusun ini memang amat antusias untuk dapat menjadi salah satu desa wisata yang menarik. Alamnya yang asri dan penduduknya yang ramah menjadi aset utama mereka. Ini semua dilengkapi dengan berbagai muatan historis dan budaya yang melatar belakangi keberadaan desa ini.

Untuk itu, warga dan pengelola desa telah mulai menggarap kegiatan-kegiatan potensial di desa mereka. Sebut saja trekking di antara hamparan tanaman padi, melewati perkebunan salak, menyusuri sungai yang jernih, hingga menelusuri goa di ujung desa.

Tak hanya itu, Dusun Pentingsari juga memiliki obyek-obyek lain yang kental dengan nuansa mistis. Seperti Pancuran Sendangsari, Batu Dakon, Batu Persembahan dan Watu Gajah.

Kaitan erat antara Pangeran Diponegoro semasa masa perjuangan dengan desa ini pun menyisakan obyek-obyek sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah luweng yang digunakan Pangeran Diponegoro dan prajuritnya sebagai dapur umum.

Di ujung lain desa, pemancingan seluas satu hektar disediakan untuk memenuhi keinginan para pengunjung yang hobby memancing. Kolam pemancingan juga dapat berfungsi sebagai tempat bersantai bersama dengan teman, keluarga, atau bahkan kolega.

Dengan persiapan yang cukup matang, dalam waktu yang singkat, desa ini memang telah menunjukkan keberadaannya. Suasana yang asri dan tenang dapat menjadi alternatif saat bosan dengan kepenatan kota. (sumber trulyjogja.com)

0 comments:

Post a Comment

Add to My Yahoo! Add to Google Add to My AOL Add this Content to Your Site

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP